Khasiat Dan Kegunaan Tanaman Ceguk

Khasiat Dan Kegunaan Tanaman Ceguk - Ceguk disebut Quisqualis indica L.atau Quisqualis ebracteata Beauv. termasuk ke dalam famili Combretaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah wudani, bidani, kacekluk, rhabet, besi tikao atau ceguk.


Tanaman Obat, Cara menyembuhkan penyakit secara alami

Sifat Kimiawi
Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, 
Buah matang : Potassium quisqualata, lemak jenuh, trigonelline dan puridine.
Kulit buah dan daun : Potassium quisqualata. 
Bunga : Cyanidine monoglycoside.
Daun dan tangkai : Tanin, saponin, sulfur, calsium oksalat, lemak, peroksidase, protein.

Efek Farmakologi : Tumbuhan ini bersifat: Manis, hangat, beracun (toksik). Masuk meridian limpa dan lambung. Obat cacing, membantu pencernaan, memperkuat limpa.

Bagian Tanaman yang digunakan : Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan biji, buah masak kering, akar dan daun.

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya
Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :
  • Oxyuriasis (cacing kremi) Biji digongseng samapi matang, dimakan dengan dikunyah ½ jam sebelum makan. Anak kecil 3-15 biji/ hari, dewasa 15 - 30 biji/ hari, untuk 3 kali makan selama 15 hari
  • Ascariasis (cacing gelang). Untuk anak-anak gerus 3-5 biji, makan. Akar 2 jari direbus dengan 2 cangkir air, tambahkan sedikit gula jawa, sampai tersisa satu cangkir. Minum pagi hari sebelum makan.
  • Ankylostomiasis (cacing tambang). Biji ceguk dicuci bersih lalu digiling halus. Seduh dengan air panas ½ cangkir dan 1 sendok makan madu, hangat-hangat diminum malam hari sebelum tidur.
  • Sakit kepala. Daun dilumatkan dan dipakai sebagai tapal pada pelipis.
  • Sakit telinga. Daun bersih ditumbuk dan diperas, air perasannya untuk tetes telinga.
  • Penyakit jamur di kulit. Buah digiling halus, tambahkan minyak kelapa, balurkan di tempat sakit.
  • Untuk penyakit-penyakit : Berat badan kurang dan gangguan pencernaan pada anak. Becek pada wanita. Perut kembung pada disentri. Radang ginjal, Gunakan 30 – 60 gr daun, direbus, saring, minum.

Bahagia Dengan Saling Berbagi, Bersyukur Dan Menerima Dengan Ikhlas Qodha Dan Qodar-Nya, Sabar Menjalani Proses Dalam Hidup Dan Pasrah Pada Kehendak-Nya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »