Terapi KiroPraksi

Kiropraksi ( Chiropractic ) 


Sejarah

Chiropractic berasal dari bahasa Yunani “ Cheir dan Practikos “ yang artinya dilakukan dengan tangan.
Terapy ini dikembangkan oleh Daniel David Palmer dari Kanada sekitar tahun 1895
Palmer berhasil menyembuhkan salah seorang pasen yang bernama Harvey Lillard seorang penjaga gedung yang mengalami ketulian mendadak saat bekerja mengerahkan tenaga besar saat membungkuk.
Oleh Palmer, Harvey di periksa, dan di temukan pada ruas ke4 tulang belakangnya ada kelainan akibat dislokasi.Dengan teknik manipulasi tangan,Harvey berhasil dibantu kesembuhan pendengarannya oleh Palmer.
Tapi sesungguhnya pada jaman purba, para penghuni hutan rimba yang jauh dari peradaban telah di temukan tukang-tukang “Lasah” alami yang biasa menolong orang dari terkilir, patah tulang dan sejenisnya.
Dasar-dasar ilmu “Lasah” modern telah berkembang di Sumeria, Mesir, Persia, Hindustan, dan Cina 1500 tahun sebelum Nabi Isa as lahir.
Di Babilonia terdapat berbagai macam “Lasah”, antara lain :
Tab Asbha, semacam akupresurre
Qushda’, semacam ilmu urut
Shaksurr, cara menggoyangkan syaraf
Qarghah, cara menggerakan bagian tubuh yang lemah layuh
Esla, cara memperbaiki terkilir, retak, patah tulang,dan sejenisnya
Pada perkembangan ilmu pengetahuan kedokteran Islam, 5 ilmu “Lasah “ ini berkembang di beberapa rumah sakit Islam seperti : RSI Jundi Syahpur, RSI Baghdad, RSI Iskandariah, dan RSI Qurthubah
Alat-alat “Lasah” yang di gunakan antara lain : meja periksa, alat perentang, alat penggantung kaki, pembalut, alat penarik, dll
Tabib-tabib ahli “Lasah” antara lain : Ramli Baharuddin at- Tijani, az-Zahrawi, Abu Atik al-Maturidi, Abu al-Muta’ali al- Faiaruzzi, Ummi Qamariah binti Sirazkhan,dll
Chiropractic yang dikembangkan oleh David Daniel Palmer ini kemungkinan besar ber-azas-kan dari salah satu ilmu “Lasah” yaitu Shaksurr, yaitu semacam menggoyangkan syaraf.

Teory Kiropraksi

Otak manusia mengirim energi keseluruh bagian tubuh, dalam perjalanannya melalui sistem syaraf yang ada disepanjang ruas tulang belakang. Bila terjadi dislokasi vertebrae pada ruas tulang belakang dapat mengakibatkan blokade secara fisik yang dapat mengganggu trasmisi rangsangan syaraf.
Intervensi pada syaraf yang disebabkan oleh dislokasi tulang belakang ini disebut sublokasi,jika sublokasi disingkirkan , maka keseimbangan tulang belakang akan diperbaiki dan kerja syaraf akan kerbali normal.

Cara Kerja Tulang Belakang
Tulang Belakang / spina kita merupakan satu struktur yang amat penting, canggih, dan kompleks di dalam tubuh kita. Setiap gerakan yang kita lakukan dalam gerakan tertentu, pastinya memberi pengaruh kepada Spina kita, itulah gambaran bahwa keseluruhan kondisi kesehatan kita berpusat pada Spina.

 




Bahagia Dengan Saling Berbagi, Bersyukur Dan Menerima Dengan Ikhlas Qodha Dan Qodar-Nya, Sabar Menjalani Proses Dalam Hidup Dan Pasrah Pada Kehendak-Nya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »