HIKMAH BILANGAN RAKA'AT SHALAT 5 WAKTU

HIKMAH BILANGAN RAKA'AT SHALAT 5 WAKTU adalah mensyukuri nikmat-nikmat yang ada pada panca indra dan menutupi kesalahan-kesalahanya. Panca indra tersebut adalah indra peraba, pencium, pendengar, penglihat dan indra perasa. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

  1. Shalat Subuh terdiri dari dua raka'at karena indra peraba itu dapat merasakan dua perkara yaitu perkara halus dan perkara kasar, jadi dua raka'at itu untuk mensyukuri dua perkara tersebut dan menutupi kesalahan-kesalahannya.
  2. Shalat Dhuhur empat raka'at karena indra pencium bisa memperoleh perkara yang di cium itu dari empat arah (depan, belakang, kanan dan kiri) empat raka'at untuk mensyukuri hal tersebut dan sekaligus menghapus dosa-dosa yang telah di lakukan.
  3. Shalat Ashar empat raka'at karena indra pendengar dapat mendengarkan suara dari empat arah juga, empat raka'at untuk mensyukuri nikmat pendengaran tersebut dan menghapus kesalahan-kesalahan yang di perbuat.
  4. Shalat Maghrib ada tiga raka'at, karena perkara yang dapat di lihat itu hanya terlihat dari tiga arah saja yaitu arah depan, kanan dan kiri, tidak dapat dilihat dari arah belakang. tiga raka'at shalat maghrib untuk mensyukuri nikmat tersebut dan menutupi dosa-dosanya.
  5. Shalat isya' raka'atnya ada empat karena indra perasa dapat menikmati empat perkara yaitu rasa dingin, panas, pahit dan rasa manis, jadi empat rakaat shalat isya' untuk mensyukuri indra perasa tersebut dan untuk menghapus kesalahan-kesalahannya.



Bahagia Dengan Saling Berbagi, Bersyukur Dan Menerima Dengan Ikhlas Qodha Dan Qodar-Nya, Sabar Menjalani Proses Dalam Hidup Dan Pasrah Pada Kehendak-Nya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
17 Februari, 2013 delete

Tak ternilai nikmat yang diberikan Tuhan kepada manusia diantaranya nikmat hidup dan pancaindera. Artikel dengan judul 'Hikmah Bilangan Rakaat Shalat 5 Waktu' ini menjadi bahan renungan bagi kita dalam memaknai hikmah shalat 5 waktu. Terima kasih sharingnya yang bermanfaat. Salam sukses buat Admin 'Daarusysyifa Blogspotcom'.

Reply
avatar
Ahmad Nayar
AUTHOR
19 Februari, 2013 delete

benar sekali mas Herdoni, untuk itu wajib bersyukur, terima kasih kunjungannya di blog ini smga bermanfaat

Reply
avatar