INDAHNYA RAMADHAN 10 HARI PERTAMA

INDAHNYA BULAN RAMADHAN 10 HARI PERTAMA - Tak terasa bulan Ramadhan sudah tiba, Umat islam di seluruh dunia sudah menjalani puasa di hari kedua, walaupun ada perbedaan hari dalam mengawali Ramadhan.

saya sempat tersadar bahwa bulan ramadhan benar-benar telah tiba, ketika saya mendapat sms ucapan dari sahabat saya Ahmad Ali Pulau Garam Madura yang isinya antara lain : Selamat datang para penumpang Ramadhan Air dengan no. penerbangan 1434 H. beberapa saat lagi kita akan lepas landas dengan tujuan taqwa. waktu tempuh 30 hari, kenakan sabuk iman, tegakkan sandaran Aqidah. penerbangan akan berada pada ketinggian jelajah amal shaleh. penerbangan ini bebas asap dengki, hasud dan takabbur. perbanyak Ibadah dan infaq. bila cuaca buruk perbanyak dzikir dan mohon ampun. Atas nama awak kabin yang bertugas DARUS SYIFA' MENGUCAPKAN SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA 1434 H. SEMOGA KITA MAMPU MENJALANI PUASA SEBULAN PENUH "IIMAANAN WAHTISAABAN"
KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa bagi orang-orang yang bertaqwa dan ladang amal bagi orang-orang shaleh, ramadhan bulan yang agung, Allah SWT. telah memuliakan-Nya di banding bulan-bulan lainnya. Pada Bulan ini di lipat gandakan pahala dan diampuninya dosa-dosa kita. Allah SWT juga memberikan kemuliaan kepada tiap sepuluh hari pada bulan ramadhan terutama sepuluh hari terakhir ramadhan.

Sebagian ulama' membagi bulan ramadhan dengan tiga bagian, yaitu sepuluh hari pertama ramadhan dinamakan terbukanya pintu Rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada hamba-hamba-Nya yang menunaikan ibadah puasa, Sepuluh hari kedua atau pertengahan dinamakan Magfirah yaitu di Ampuninya-Nya segala dosa-dosa oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, dan sepuluh hari terakhir bulan ramadhan dinamakan pembebasan dari api neraka. Sebagaimana yang diterangkan dalam hadist Rasulullah SAW :
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu,dimana ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda :
Awal bulan Ramadan adalah Rahmah, pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan Nar (pembebasan dari api neraka).”
Dari Salman Al-Farisi RA. Diceritakan bahwa Rasulullah SAW. Berkhutbah menjelang Ramadan, diantara isi khutbah beliau,
Siapa saja yang memberi buka kepada orang yang shaum/puasa dengan seteguk susu, sebiji kurma, atau seteguk air, dan siapa yang mengenyangkan orang shaum maka ALLAH akan memberi minum dari telaga dengan satu tegukan, yang menyebabkan tidak haus sampai masuk surga. Inilah bulan, yang awalnya adalah Rahmah, Pertengahannya Maghfirah, dan akhirnya ‘Itqun Minan nar (pembebasan dari api neraka). Perbanyaklah melakukan 4 hal dalam bulan Ramadan

Sepuluh hari pertama di bulan ramadhan adalah awal melelahkan dan tentunya kita berusaha beradaptasi dengan penuh kesabaran maksimal untuk melaksanakan puasa dan mengerjakan amalan-amalan yang di cintai oleh Allah SWT. Para ulama memaknai sepuluh hari pertama bulan ramadhan sebagai Rahmat, yaitu terbukanya pintu Rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang diberikan kepada hamba-hamba pilihan-Nya yang menunaikan puasa.
Dalam khazanah tasawuf Rahmat itu ada dua macam pertama Rahmah Dzaatiyyah, yaitu Rahmat dan Anugerah yang diberikan Allah SWT kepada semua mahluk-Nya tanpa terkecuali dan diskriminasi.  Kedua Rahmah Khushushiyyah, yaitu Rahmat dan kasih sayang yang Allah Subhanahu wa Ta’ala hanya diberikan kepada hamba-hamba Pilihan-Nya. Sepuluh hari pertama adalah merupakan keistimewaan karena diturunkannya Rahmat kepada hamba-hamba yang telah ikhlas dan ridha menunaikan puasa ramadhan dengan penuh keimanan kepada Allah.

Di bulan ramadhan umat islam ramai-ramai melaksanakan ibadah shalat sunat yang sangat populer yaitu shalat Tarawih.
Suatu Ketika Para Sahabat Bertanya Kepada Rasullullah saw, Ya Rasullullah, apa sebenarnya keutamaan (kelebihan) Sholat Sunnat Tarawih Pada Bulan Ramadhan?, lalu Rasullullah Saw pun menjawab sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Saiyidian Ali ra, Kelebihan Sholat Sunnat Tarwih Pada bulan Ramadhan Adalah sebagai berikut :

Malam Pertama :
Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam pertama Ramadhan, maka ia akan keluar dari dosa dosa sebagaimana ia baru di lahirkan

Malam Kedua :
Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam dua Ramadhan, maka dosanya dan kedua dosa ibu bapak nya akan di ampuni oleh Allah SWT

Malam Ketiga :
Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam ketiga Ramadhan, maka malaikat yang ada di Arsy berdoa kepada Allah agar diampuni dosa kita

Malam Ke empat :
Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam ke empat Ramadhan, maka ia akan memperoleh pahala dari orang2 yang membaca kitab Taurat, Zabur, Injil dan Al Qur'an

Malam Ke Lima :
Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam lima Ramadhan, maka Allah akan Memberikan Pahala sebagaimana Pahala nya orang2 yang sholat di masjidil Haram, Masjid Madina dan Aqsa.

Malam Ke Enam :
Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam ke enam Ramadhan, maka Malaikat yang tawaf di Baitul Makmur (70Ribu malaikat) serat batu2 dan tanah mendoakan orang2 yang melaksanakan sholat tarwih pada malam ini.

Malam Ke Tujuh :
Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam ke tujuh Ramadhan, maka ia akan memperolah pahala Se akan2 bertemu dengan Nabi Musa dan Berjuang mengalahkan musuh ketatnya yaitu Fi'aun dan Hamman.

Malam Ke delapan :
Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam kedelapan Ramadhan, maka ia akan memperolah pahala yang di lakukan nabi Ibrahim As

Malam Ke Sembilan :


Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam ke sembilan Ramadhan, maka ia akan di naikkan mutu dan nilai ibadah nya sebagaimana mutu dan Ibadah Nabi Muhammad SAW.

Malam ke Sepuluh :
Barang Siapa yang melaksanakan Sholat Sunnat Tarwih pada malam ke sepuluh Ramadhan, maka Allah akan mengkaruniakan kepadanya kebaikan dunia dan Akhirat.



Bahagia Dengan Saling Berbagi, Bersyukur Dan Menerima Dengan Ikhlas Qodha Dan Qodar-Nya, Sabar Menjalani Proses Dalam Hidup Dan Pasrah Pada Kehendak-Nya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
ABIDIN MSH
AUTHOR
17 Juli, 2013 delete

ALHAMDULAH BERKESAN DIHATI

Reply
avatar
Ahmad Nayar
AUTHOR
12 Agustus, 2013 delete

yang penting puasanya full tidak nonggak

Reply
avatar