KEMBALI KE FITRAH

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H. من العائدين والفائزين Mohon ma'af lahir bathin.

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah), (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. tidak ada perubahan pada fitrah Allah. itulah agama yang lurus, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahuinya. (QS. Ar-Ruum, 30 : 30)
Allah maha adil, adalah fitrah bahwa kita lahir ke dunia initak di bebani dosa apapun. salah satu yang paling fitrah dari karunia Allah pada manusia adalah kita membutuhkan menuhankan sesuatu. cirinya adalah setiap manusia mengabdikan seluruh hidupnya pada sesuatu yang dia anggap tuhan. ada juga yang menuhankan harta, kekuasaan dan kedudukan.
bagi manusia yang berada dalam fitrah yang benar, maka dia akan menuhankan Allah SWT. dia akan memandang bahwa kekuasaan, harta, dan kedudukan itu milik allah yang dititipkan sejenak pada manusia. setiap kali menuhankan sesuatu selain Allah kita akan di perbudak oleh apa yang kita tuhankan, hingga kita menjadi sangat terhina. orang yang kembali ke fitrah adalah orang yang kembali menuhankan Allah yang maha agung.

Bagaimanakah ciri orang yang ramadhannya sukses? 
  1. ia semakin mengenal Allah, ciri mengenal Allah diantaranya, hatinya akan makin tentram dan bahagia, buah dari latihan zikir selama ramadhan
  2. melihat dunia itu kecil, biasa saja. karena baginya Allah adalah segalanya, Ikhtiar melakukan yang terbaik bukan tujuan, melainkan ladang amal
  3. tak gentar terhadap apapun. karena meyakini bahwa segala masalah pasti telah diukur oleh Allah
  4. Tawadhu', rendah hati
  5. wara', hati-hati tidak serakah atau licik
Kalau kita berusaha makrifat, insyaallah kita akan menikmati hidup dengan bersih hati, qolbun salim.
ciri kedua orang yang ramadhannya sukses ialah ia semakin mengenal rasul. kita butuh tuntunan dan sebaik-baik tuntunan yaitu tutunan Rasulullah SAW.
Bahkan ada seorang non muslim mengakui bahwa manusia paling berpengaruh dalam sepanjang manusia adalah Muhammad.

kalau saat ramadhan kita memacu diri dan sesudah idul fitri kita gigih berupaya dalam dua hal tadi, tinggal kita menunggu saat kepulangan kita semoga husnul khatimah.
mari kita buka lembaran baru di bulan syawal ini dengan menjadi hamba yang sangat bersungguh-sungguh mendekatkatkan diri pada Allah.
Selamat menikmati Idul fitri yang penuh dengan kegigihan untuk dekat, akrab dengan Allah dan kesungguhan untuk menjalani sunnah Rasul.

Bahagia Dengan Saling Berbagi, Bersyukur Dan Menerima Dengan Ikhlas Qodha Dan Qodar-Nya, Sabar Menjalani Proses Dalam Hidup Dan Pasrah Pada Kehendak-Nya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »