KHASIAT / MANFA'AT BUAH MAKASAR

KHASIAT / MANFA'AT BUAH MAKASAR-Klasifikasi: Tanaman Buah Makasar disebut Brucea javanica (L.) Merr. atau B. amarissima Desv. termasuk ke dalam famili tumbuhan Simaroubaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah Lada pahit, embalu, dadih-dadih, tambar sipago, sikalur, kuwalot, ki padesa dan tambara marica.

Khasiat Buah Makasar, Kegunaan Buah Makasar
Sifat Kimiawi: Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, antara lain: Alkaloid (Brucamarine, yatanine). Glukoside (Brucealin, yatanoside). Phenol (Bruceno, bruceolic acid. Biji mengandung brusatol, bruceine A,B,C,E,F,G,H. Daging buahnya mengandung minyak lemak, oleic acid, linoleic acid, stearic acid, palmitoleic acid.

Efek Farmakologis: Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat ; Rasa pahit, dingin, beracun. Membersihkan panas dan racun,anti-disentri,anti-malaria, eritropoiesis, immunostimulant, mematikan parasit (parasiticidal). Asam oleat dan Brucei A & B bersifat anti kanker (anti-neoplastik ). Menghambat sintesa DNA sel kanker. Merangsang pembentukan sel darah merah pada sumsum tulang. Meningkatkan phagocyte dan makrofag.


Bagian Tanaman Yang Digunakan: Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan biji, akar dan daun.

Penyakit Yang Dapat Disembuhkan Dan Cara Penggunaanya
Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, Ramuan dari tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

  1. Disentri amuba. 10-15 biji digiling halus, masukkan kedalam kapsul untuk sekali minum. Sehari 3 kali selama 7 - 10 hari.
  2. Disentri, air kemih dan tinja berdarah karena panas. Biji (25 -50) digiling halus lalu dimasukkan kedalam kapsul, minum dengan air gula putih.
  3. Malaria. Akar, 15 - 20 gram digodok, minum.
  4. Wasir. 7 biji dilapisi buah longan, telan.
  5. Keputihan karena trichomonas. Biji 20 digodok dengan 400 cc air bersih didalam pot tanah, sampai tersisa 100 cc, untuk cuci kemaluan (disemprotkan dengan alat), setiap kali 20 - 40 cc. Bila sakitnya ringan cukup satu kali, sedangkan kelainan yang berat dilakukan 2 - 3 kali.
  6. Kanker ; Ehrliich ascitic cancer, sarcoma 37, sarcoma 180, cervic cancer 14, Walker carcinoma256, leucemia 1210 dan leucemia 388. ( Kanker kerongkongan, Lambung, Rectum, Paru-paru, Serviks, Kulit dan Leukimia ). Penggunaan buah segar atau kering. Dibuat serbuk, masukkan kapsul 1,5 – 2 gram, makan 2- 3 kali sehari. (Saran penggunaan kapsul 3x3 kapsul per hari, minum banyak air ). Sudah tersedia dalam bentuk obat suntik, infus dan emulsi untuk minum.
PERINGATAN – PERHATIAN: Wanita hamil dilarang menggunakan obat ini.

Bahagia Dengan Saling Berbagi, Bersyukur Dan Menerima Dengan Ikhlas Qodha Dan Qodar-Nya, Sabar Menjalani Proses Dalam Hidup Dan Pasrah Pada Kehendak-Nya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
15 November, 2013 delete

ADa efek buruk ga untuk mengkonsumsi kapsul buah makasar?
Karena kemarin bc ada yang minum trus terlalu keras dan mengefek ke hati bilangnya.
Apa benar seperti itu?
Makasih

Reply
avatar