HIKMAH DUDUK TAWARRUK WAKTU DUDUK AKHIR

HIKMAH DUDUK TAWARRUK WAKTU DUDUK AKHIR adalah membedakan antara duduk dalam dua tasyahud agar makmum masbuk mengetahui keadaan imam. (Al-Iqna’, juz-1 hal. 125)
Hikmah perbedaan antara duduk akhir (tawarruk) dan duduk lainnya (iftirosy) adalah orang yang shalat pada waktu duduk iftirosy bersiap-siap untuk bergerak, berbeda pada waktu duduk akhir (mushalli tidak bersiap-siap untuk bergerak bahkan duduk tetap bersiap-siap salam). Bergerak setelah duduk iftirosy lebih mudah (daripada setelah duduk tawarruk).(mughnil Muhtaj, juz-1 hal. 172).

Sunat-sunat tasyahud akhir sama dengan sunat-sunatnya tasyahud awal, tetapi pada waktu tasyahud akhir si mushalli duduk di atas pantatnya yang kiri karena mushalli pada waktu tasyahud akhir tidak bersiap-siap untuk berdiri bahkan tetap duduk bersiap-siap mengucapkan salam. (Ihya’ Ulumddin, juz-1 hal. 155). 

Demikian sedikit penjelasan tentang duduk tawarruk, untuk penyempurnaan dari posting ini saya persilahkan menambah kekurangannya di kotak komentar, selain untuk tambahan ilmu juga untuk mempererat jalinan silatur rahim.

Bahagia Dengan Saling Berbagi, Bersyukur Dan Menerima Dengan Ikhlas Qodha Dan Qodar-Nya, Sabar Menjalani Proses Dalam Hidup Dan Pasrah Pada Kehendak-Nya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »