Hikmah Meletakkan Tangan Di bawah Dada

Dalam Posting sebelumnya Darusy Syifa' sudah menjelaskan Tentang Hikmah mengangkat Kedua Tangan sekarang kita bahas tentang Hikmah bersedekap atau Meletakkan dua tangan dibawah dada dan diatas pusat
Hikmah meletakkan dua tangan di bawah dada dan di atas pusat dalam Shalat adalah agar kedua tangan itu berada di atas anggota badan yang mulia yaitu hati dan dalam hal itu di maksudkan untuk menjaga iman di dalamnya, karena orang yang ingin memelihara sesuatu maka kedua tangannya harus di letakkan diatas sesuatu tersebut. (Sittina Masalah, hal. 55).

Hikmah meletakkan dua tangan dibawah dada dan diatas pusat itu ada yang berpendapat bahwa kaifiyah tersebut lebih mendorong pada kekhusyu'an dalam melaksanakan shalat dan disitu terdapat pemeliharaan cahaya iman dalam shalat, jadi cara tersebut lebih utama dari pada isyarah pada aurat yaitu dengan meletakkan dua tangan dibawah pusat, ulama madzhab Hanafi berpendapat bahwa meletakkan tangan dibawah pusat untuk mendekatkan pada arti mengagungkan, menjauhkan keserupaan dengan ahli kitab dan lebih terarah untuk menutupi aurat, sebagaimana dihadapan raja dalam arti penuh tawadhu' dan sikap rendah hati (Umdatul Qori, juz-5 hal. 279-280)

Demikian sedikit penjelasan Hikmah Meletakkan Kedua Tangan di Bawah Dada Dan Diatas Pusat semoga bermanfa'at.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hikmah Meletakkan Tangan Di bawah Dada "

Posting Komentar