Hikmah Meletakkan Tangan Diatas Yang Satunya



Hikmah Meletakkan Tangan Diatas Yang Satunya - Dalam posting yang lalu sudah di jelaskan tentang Hikmah meletakkan tangan di bawah dada di atas pusat sekarang Darus Syifa akan menjelaskan tentang Hikmah meletakkan salah satu tangan di atas yang satunya waktu bersedekap.

Hikmah meletakkan salah satu tangan di atas yang satunya waktu bersedekap adalah untuk mendorong pada kekhusyu'an dan mencegah tangan dari main-main dan senda gurau.
refensi : (Syarah muslim lin nawawi, juz-4 hal. 115)

ada juga yang berpendapat bahwa Hikmah tangan kanan memegang tangan kiri adalah untuk mendiamkan tangan. Dan ada yang mengatakan hal itu untuk menjaga iman dalam hati sebagaimana kebiasaan bagi seseorang yang ingin menjaga sesuatu yg indah berharga maka ia meletakkan tangan pada sesuatu itu. (I'anatut Thalibin, juz-1 hal. 135)

Setelah mushalli takbir dan menghadirkan niatnya kemudian meletakkan kedua tangan dibawah dada diatas pusat dan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri, tujuannya adalah memuliakan tangan kanan dengan arti menempatkannya diatas tangan kiri, jari telunjuk di lepaskan diatas memanjangnya lengan tangan kiri dan pergelangan tangan kiri digenggam dengan ibu jari, jari tengah, jari manis dan kelingking.
(Ihya' Ulumuddin, juz-1 hal. 153)

Bahagia Dengan Saling Berbagi, Bersyukur Dan Menerima Dengan Ikhlas Qodha Dan Qodar-Nya, Sabar Menjalani Proses Dalam Hidup Dan Pasrah Pada Kehendak-Nya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »