Khasiat Buah Alpukat

Khasiat Buah Alpukat dan Cara Penggunaannya
Buah Alpukat selain enak untuk di jus, penghilang dahaga ketika haus ternyata juga memiliki bermacam-macam manfa'at untuk kesehatan kita. sedikit kami memberikan klasifikasi Buah Alpukat

Sifat Kimiawi:
Tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, a.l :
  • Buah dan daun mengandung : Saponin alkaloida dan flavonoid.
  • Buah juga mengandung tanin, daun juga mengandung polifenol, quersetin dan gula alkohol persiit.

Khasiat Buah Alpukat

Efek Farmakologis:
Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat : Daun: rasa pahit, kelat, peluruh kencing. Biji: anti radang, analgesik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun bersifat anti bakteri yaitu menghambat pertumbuhan beberapa spesies bakteri: staphylococcus sp, Pseudomonas sp, Escherichea sp dan Bacillus sp.

Penyakit Yang Dapat Disembuhkan Dan Cara Penggunaannya
  1. Sariawan: Sebuah isi (daging buah) alpukat yang sudah masak diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu makan. Lakukan setiap hari sampai sembuh.
  2. Kencing batu: Daun alpukat 4 lembar, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinag, 1 buah pala, 3 jari gula enau, dicuci lalu direbus dengan 3 gleas air sampai tersisa 2 ¼ gelas. Stelah dingin disaring, minum 3 kali ¾ gelas.
  3. Darah tinggi, sakit kepala: Tiga lembar daun alpukat dicuci bersih lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Minum setelah dingin.
  4. Kulit muka kering: Buah diambil isinya lalu dilumatkan sampai seperti bubur. Dipakai untuk masker, dengan cara memoles muka yang kering. Muka dibasuh dengan air setelah lapisan masker tersebut mengering.
  5. Sakit gigi berlubang: Lubang pada gigi dimasuki biji alpukat.
  6. Bengkak karena peradangan: Bubuk dari biji secukupnya ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur, balurkan ke bagian tubuh yang sakit.
  7. Kencing manis: Biji dipanggang diatas api, dipotong kecil-kecil, kemudian digodok dengan air sampai airnya menjadi coklat. Saring, minum setelah dingin.
  8. Teh daun alpukat: Untuk menghilangkan rasa sakit kepala, bengkak pada saluran napas, rasa nyeri syaraf (neuralgia) dan datang haid tidak teratur.
  9. Nyeri syaraf dan nyeri lambung: Daun 3 – 6 lembar, diseduh atau direbus, minum.
  10. Saluran napas membengkak, menstruasi tidak teratur: Daun 3-6 lembar diseduh atau rebus,minum.
Catatan : Wanita hamil dilarang pakai. Sudah dibuat obat paten.

Bahagia Dengan Saling Berbagi, Bersyukur Dan Menerima Dengan Ikhlas Qodha Dan Qodar-Nya, Sabar Menjalani Proses Dalam Hidup Dan Pasrah Pada Kehendak-Nya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »