HIKMAH MEMBACA SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH

HIKMAH MEMBACA SAMI'ALLAHU LIMAN HAMIDAH - Hikmah di syari’atkannya membaca “Sami’allahu liman hamidahu” ketika bangun dari rukuk adalah bahwasanya Abu Bakar RA. Sama sekali tidah pernah ketinggalan shalat berjama’ah bersamaRasulullah SAW.
pada suatu hari tibalah waktu shalat ashar dan Sahabat Abu Bakar menyangka bahwa dirinya tertinggal berjama’ah shalat ashar bersama Rasulullah SAW sehingga membuat dirinya gelisah karenanya. Abu bakar bergegas berjalan cepat-cepat dan pada waktu itu belum ada larangan berjalan cepat-cepat menuju shalat. Setelah abu bakar masuk masjid ternyata Rasulullah SAW sedang bertakbir untuk rukuk maka bersyukurlah ia sambil berucap "Alhamdulillah" dan bertakbir di belakang rasulullah, kemudian turunlah Malaikat Jibril sedangkan Rasulullah SAW dalam keadaan rukuk lantas Malaikat Jibril berkata :  wahai Muhammad mudah-mudahan Allah SWT menerima pujiannya orang yang memuji, ucapkanlah wahai muhammad SAW do’a sami’allahu liman hamidahu lantas Nabi mengucapkannya ketika bangun dari rukuk.
Sebelum peristiwa tersebut nabi muhammad pada waktu rukuk dan bangun dari rukuk bacaan yang di baca adalah takbir intiqol (Allahu Akbar). sejak peristiwa itulah sunatnya membaca samiallahu liman hamidah ketika bangun dari rukuk sebab barokah sahabat Abu Bakar.

Referensi : 
Hasyiyatus Syarqowi, juz-1 hal. 206
Riyaadhul Badi’ah, hal. 38

Bahagia Dengan Saling Berbagi, Bersyukur Dan Menerima Dengan Ikhlas Qodha Dan Qodar-Nya, Sabar Menjalani Proses Dalam Hidup Dan Pasrah Pada Kehendak-Nya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Anonim
AUTHOR
23 Februari, 2014 delete

Jdi, sblm adanya kejadian diatas, apakah yg dibaca Rasul ketika bangun dr ruku'?

Reply
avatar