HIKMAH MENGUCAPKAN SALAM DALAM SHALAT

HIKMAH MENGUCAPKAN SALAM DALAM SHALAT Versi Ulama' Salaf  - Salah satu dari rukun shalat adalah Mengucapkan Salam yang pertama, karena ada hadits yang artinya "kuncinya/pembuka shalat itu adalah wudhu,' dan haramnya shalat (mulai mengerjakan sesuatu yang semula halal di luar shalat seperti makan, berbicara, dan lain2nya) adalah takbiratul ihram sedangkan halalnya shalat adalah mengucapkan salam" (yang meriwayatkan hadits Abu Dawud dan Tarmidzi dengan sanad yang shahih).

Adapun hukumnya salam yang kedua adalah sunat. sebagaimana yang termaktub (Tuhfatut Thullab, hal. 22) Dalam kitab "Al-Mahasin" Imam Quffal telah berkata : didalam salam terdapat suatu hikmah yaitu pada waktu shalat mushalli jauh berpaling dari manusia (hanya menghadap Allah Ta'ala) sedang pada waktu salam ia menghadap mereka.

ada juga yang perpendapat : Hakekat Salam menurut Sufi adalah menyalami/doa keselamatan untuk diri sendiri/diri yang sejati.
untuk menyempurnakan penjelasan Hikmah Salam silahkan masukkan di kolom komentar. 
Wallahu a'lam

Bahagia Dengan Saling Berbagi, Bersyukur Dan Menerima Dengan Ikhlas Qodha Dan Qodar-Nya, Sabar Menjalani Proses Dalam Hidup Dan Pasrah Pada Kehendak-Nya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
26 Februari, 2013 delete

Salam damai dan silaturrahim

Reply
avatar